Pengertian Dan Teknologi WAN ( Wide Area Network )

A. Pengertian WAN

WAN ( Wide Area Network ) merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada jaringan komputer LAN dan MAN.
WAN merupakan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer local yang secara fisik yang tidak saling berdekatan satu sama lain, bisa dipisahkan dengan kota, provinsi, atau bahkan negara dan benua.
Jaringan WAN biasanya menggunakan kabel fiber optic sera menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur di bawah laut.


Keuntungan jaringan WAN antara lain :

  • Cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari jenis jaringan LAN dan MAN
  • Tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena berkomunikasi dari suatu negara dengan negara lainnya memerlukan keamanan yang lebih
  • Lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.
Sedangkan kerugian dari jaringan WAN antara lain :
  • Biaya operasional yang dibutuhkan lebih banyak
  • Sangat rentan terhadap pencurian data-data penting
  • Perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat
Jenis-jenis konektivitas dalam WAN antara lain :
1. Leased Line
Biasanya disebut konektivitas point to point atau dedicated connection. Koneksi ini tidak memerlukan proses call setup terlebih dahiulu ketika hendak mengirimkan data antar DTE.
Mekanisme pengiriman pada koneksi leased line dilakukan secara synchronous serial.

2. Circuit Switching
Teknik dimana sebelum pengiriman data dilakkan, terlebih dahulu harus melakukan proses pembentukan koneksi dengan melakukan procedure call setup. Contoh : PSTN dan ISDN

3. Packet Switching
Metode WAN switching yang mengijinkan user untuk membagi bandwidth dengan pengguna lain untuk menghemat biaya.
Packet Switching digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Data ditransmisikan dibagi-bagi kedalam paket-paket kecil.
Teknologi WAN ( Wide Area Network )
Sumber gambar : www.xtel.net


B. Teknologi WAN

Teknologi jaringan WAN mendefinisikan koneksi perangkat-perangkat yang terpisah oleh area yang luas dengan menggunakan media transmisi, perangkat dan protokol yang berbeda.
Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya

Beberapa teknologi WAN yang diberikan oleh penyedia layanan WAN antara lain :
1. PSTN
PSTN adalah teknologi WAN yang menggunakan jaringan Circuit Switched yang berbasis dial-up atau leased line menggunakan line telepon dimana data dari digital pada sisi komputer dikonversikan ke analog menggunakan modem, dan data berjalan dengan kecepatan terbatas sampai 56 kbps.

2. Leased Lines
Leased Lines atau biasa disebut Dedicated Line adalah teknologi WAN menggunakan koneksi langsung permanen antar perangkat dan memberikan koneksi kualitas line konstan.

3. X.25
X.25 adalah suatu teknologi paket switching melaui PSTN

4. Frame Relay
Frame Relay merupakan suatu layanan data paket yang memungkinkan beberapa pengguna menggunakan satu jalur transmisi pada waktu yang bersamaan
Frame Relay adalah teknologi WAN dalam paket switching dimana komunikasi WAN melaui line digital berkualias tinggi.

5. ISDN ( Integrated Services Digital Network )
ISDN mendefinisikan standar dalam menggunakn line telepon analog untuk mentransmisi data baik analog maupun digital.

6. ATM ( Asynchronous Transfer Mode )
ATM adalah koneksi WAN berkecepatan tinggi dengan menggunakan teknologi paket switching dengan kecepatan sampai 155 Mbps bahkan 622 Mbps. ATM dapat mentransmisikan data secara simultan dengan digitized voice dan Subscriber Line

7. DSL ( Digital Subscriber Line )
DSL adalah teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat.

8. TI
TI adalah leased line digital terdiri dari 24 saluran yang memberikan kecepatan transfer hingga 1,544 Mbps, dan digunakan untuk menghubungkan jaringan perusahaan dan ISP ke internet.

9. SONET ( Synchronous Optical Network )
SONET merupakan sebuah standar kecepatan data digital untuk transmisi optic.

10. VPN ( Virtual Private Network )
VPN adalah teknologi jaringan komputer yang memanfaatkan media komunikasi publik.

11. Wireless ( Microwave dan Satelite )
Wireless menggunakan satelis digunakan untuk jaringan dengan berbagai kecepatan. Umumnya kecepatan sampai 512 Kbps. Sedangkan Microwave menawarkan kecepatan 52 Mbps bahkan lebih.

Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi anda, sampai jumpa di postingan saya berikutnya. See you later 

source : Buku Teknologi Jaringan Berbasis Luas ( WAN ). Penulis Milhatul Hikmah, S.Kom. Penerbit PT. Latif Kitto Mahesa ( Kitto Book )
Previous
Next Post »
Load comments