Cara Setting Router Menjadi Repeater (TL-WR845N)

Cara Setting Router Menjadi Repeater (TL-WR845N) - Pengertian Repeater secara singkat yaitu alatmemperluas jaringan tertentu dengan cara menangkap jaringan kemudian disebar lagi di sekitar Repeaternya. Cara ini sangat cocok jika ingin memperluas jaringan yang publik atau istilah lainnya tanpa password yang biasa ada di @wifi.id. Anda bisa internetan dari rumah ketimbang pergi ke @wifi.id. 


Cara ini bisa juga digunakan jika rumah anda berlantai 2, AP di lantai 1 kemudian anda di lantai 2. Jaringan di lantai 2 tentu saja sangat lemah karena terhalang oleh tembok. Anda pasti ingin internetan tanpa terganggu oleh jaringan yang lemah. Nah repeater lah yang menjadi penyelamat anda. Tetapi anda harus mempunyai 1 router tambahan yang ingin dijadikan router. Karena kali ini saya membahas Router TL-WR845N, silahkan membelinya di toko kesayangan anda. Oke tanpa basa basi lagi saya langsung mulai saja.

Cara Setting Router Menjadi Repeater (TL-WR845N)

1. Buka browser anda kemudian ketikkan 192.168.0.1 untuk login

2. Masukkan username dan passwordnya [Username : admin | Password : admin]
3. Jika berhasil login anda akan berada di halaman utamanya seperti dibawah ini

4. Klik next untuk memulai untuk setting router TL-WR845N menjadi repeater
5. Tentukan Time Zone sesuai posisi anda. Karena saya di Sulawesi Tengah, pembagian waktunya WITA jadi saya memilih GMT +08:00. Jika anda di pembagian waktu WIB pilih GMT +07:00

6. Karena kita ingin menjadikan Router TL-WR845N menjadi repeater, pilih Range Extender

7. Ganti Region : Indonesia. Kemudian tekan Scan untuk mencari SSID / nama jaringan yang ingin di perluas

8. Disini saya akan memperluas jaringan yang bernama CAHAYA ******* kemudian klik connect

9. Kalian akan melihat berbagai informasi disini, SSID, MAC Address, Key type, Encryption, Password, kemudian Wireless Name of Range Extender.
  • SSID : jaringan yang ingin diperluas
  • MAC Address : MAC AP yang ingin diperluas
  • Key type : passwordnya bertipe apa
  • Encryption : mode enkripsi
  • Password : karena disini saya memperluas jaringan yang berpassword, maka saya isikan password dari AP yang ingin saya perluas. Jika jaringan publik seperti @wifi,id tidak usah mengisi password
  • Wireless Name of Range Extender : SSID Repeater anda

10. Biarkan saja default seperti digambar ini, kemudian next

11. Jika sampai disini, pastikan sesuai dengan keinginan anda, kemudian Finish

12. Tunggu sampai selesai, kemudian jika logo Internet (logo bumi) di router anda berwarna hijau berarti anda telah berhasil setting router TL-WR845N menjadi repeater :D

Jika ada yang ingin ditanyakan tentang post Cara Setting Router Menjadi Repeater (TL-WR845N) ini. Silahkan komen dibawah. Sekian dari saya sampai di postingan saya berikutnya. See you later
Previous
Next Post »
Load comments